Social Icons

Pages

Jumat, 13 Juli 2012

Manfaat Ice Cream


Ice cream adalah makanan yang mendunia, setiap orang mengetahui dan menyukai ice cream. Saat ini telah banyak sekali fariasi ice cream yang menambah kelezatnnya. Ice cream yang lembut dan manis ini sangat disukai oleh banyak orang, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.
Banyak orang yang beranggapan bahwa makan Ice Cream bisa membuat gemuk (terutama kaum hawa), membuata batuk-pilek, gigi berlubang, sampai sakit kepala. Mitos ini berkembang cepat dimasyarakat tanpa tahu fakta sebenarnya yang terkandung dalam Ice Crean ini. Berikut adalah beberapa fakta yang terkait dengan Ice Cream,
Komposisi es krim yg mengandung energi, protein dan lemak jenuh selalu menjadi tudingan yg menyebabkan biang keladi kegemukan. Padahal komposisi energi pada es krim hanya sekitar 10 persen saja dari total kebutuhan lemak setiap harinya sekitar 15 persen. Jadi jumlah tersebut masih terlalu kecil bila disangka sebagai penyebab kegemukan. Es Krim ternyata dapat membantu menurunkan berat badan. Mengkonsumsi sesuatu yang dingin akan meningkatkan suhu tubuh dan membakar kalori serta lemak.
Cokelat dalam es krim juga bermanfaat bagi tubuh. es krim jenis ini kaya akan flavonoid yang mengurangi peradangan arteri jantung. Dark chocolate memiliki flavonoid yang melindungi arteri jantung dari kelelahan.
Ice Cream bukanlah penyebab batuk dan pilek. Lelehan es krim yg masuk ke dalam mulut diakibatkan oleh pengaruh suhu tubuh. Oleh karena itu saat es krim masuk ke dalam kerongkongan suhunya pun sudah tidak dingin dan tidak akan menyebabkan batuk pilek bagi yang mengkonsumsinya.
Larangan memakan es krim saat sakit juga merupakan anggapan yg salah. Pada saat sakit tubuh kita membutuhkan banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi. Es krim yg mengandung banyak air sangat berguna sebagai penyedia cairan tubuh. Yg tidak boleh adalah, orang sakit yg menderita radang ternggorokan, asma dan amandel, karena dgn suhu tinggi dapat membuat penyakit tersebut kambuh.
            Ice Cream bukanlah penyebab terjadinya gigi berlubang, Gigi berlubang disebabkan fermentasi sisa karbohidrat dan gula yang tertinggal pada gigi. Dianjurkan untuk minum air putih, berkumur, atau menggosok gigi setelah mengonsumsi makanan manis seperti es krim. Selain itu, Kalsium yang terkandung dalam es krim juga berguna untuk melindungi gigi dan membangun gusi yang kuat.
            Ice Cream terbukti memiliki kandungan gizi yang tak terduga, Ternyata es krim banyak manfaat untuk tubuh. Di dalam susu yang merupakan bahan dasar es krim, ada lebih dari 100.000 jenis molekul. Selain air dan lemak, molekul-molekul itu mengandung banyak zat, seperti protein, karbohidrat, mineral, enzim-enzim, gas, serta vitamin A. C dan D. Selain itu, susu juga mengandung beberapa komponen bioaktif berupa protein susu, laktosa, asam-asam lemak dan mineral, dan yang jadi jagoannya adalah kalsium. Itu sebabnya es krim memiliki manfaat yang tinggi untuk kesehatan tubuh.
Kandungan kalsium pada es krim bermanfaat menjaga kepadatan massa tulang, pencegahan osteoporosis, kanker, serta hipertensi. Sedangkan fungsi asam lemak dan asam linoleat pada es krim adalah untuk meningkatkan aktivitas antipatogenik, antibakteri, dan antiviral. Dan yang terakhir yaitu Laktosa, selain dapat menambah cita rasa ternyata juga dapat mempertahankan rasa enak pada es krim.
Setelah mengetahu fakta tentang Ice cream, tidak usa takut dan ragu untuk mengkonsumsinya, karena kandungannya sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar